Pages

Senin, 05 Desember 2011

Tutorial Corel Draw | Membuat Bentuk 3D Bola Billiard



Baiklah Kali ini saya akan memcoba memposting kembali langkah2 pembuatan bentuk 3D,namun kali ini saya akan membuat sebuah bentuk Bola Billiard lengka dengan komponen2 lain nya.
langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buat sebuah persegi dengan menggunakan Rectangle Tool. Kemudian warnai persegi tersebut dengan warna gradasi, caranya pilih Interactive Fill Tool (G) kemudian klik dan drag pada objek. Pada Property Bar, pilih Radial. berikan warna gradasi dari hijau muda ke hijau yang lebih pekat/gelap.bagian ini akan kita gunakan sebagai meja nya,lihat gamvar di bwah ini :

  2. Buat sebuah lingkaran menggunakan Ellipse Tool, drag pada layar. untuk menjaganya agar tetap dalam bentuk proporsional, tekan Ctrl pada saat melakukan Drag.

  3. Copy objek lingkaran tadi, caranya klik dan drag objek, kemudian klik kanan sebelum melepas klik kiri (itu cara simpelnya). Pada gambar, sengaja saya kasih warna biru untuk lingkaran hasil duplikat biar keliatan bedanya. Jika sudah selesai, klik pada kedua objek lingkaran dan pilih Intersect pada property bar untuk membuat objek baru di antara kedua lingkaran. Kemudian hapus lingkaran berwarna biru. Untuk lingkaran yang baru hasil intersect, beri warna putih.

  4. lakukan langkah yang sama seperti pada step tiga. Namun kali ini, objek baru yang akan dibuat akan lebih besar. berikan warna hitam untuk objek baru tersebut. Hal ini ditujukan untuk membuat sebuah objek berupa garis dari bagian objek berwarna putih.

  5. Buat sebuah pewarnaan gradasi untuk objek lingkaran (sama seperti step satu). berikan gradasi dari warna merah ke warna merah yang lebih gelap. Atur juga jenis gradasi kepada radial.

  6. Duplikasi lagi objek lingkaran, lakukan sama seperti pada step tiga. tapi kali ini posisi objek duplikasi berbeda (lihat gambar). Kemudian pilih intersect, dan hapus lingkaran berwarna biru.

  7. Berikan warna putih untuk objek hasil duplikasi tadi.

  8. Pilih objek hasil duplikasi dan pilih Transparency Tool pada Tool box. Set jenis transparency menjadi Uniform dan atur nilai transparan-nya pada propery bar menjadi 70.

  9. Buat teks angka 3 menggunakan Text Tool (T) dan miringkan sesuai gambar dibawah.

  10. pilih objek angka 3 kemudian pada menu bar, pilih Effect>PowerClip>Place Insert Container.. maka akan keluar sebuah panah berwarna hitam. Arahkan panah tersebut ke arah objek bagian lingkaran berwarna putih.

  11. Pilih objek berwarna putih, kemudian klik kanan lalu pilih edit contents. kemudian atur posisi dari objek angka 3. Jika sudah selesai, klik kanan lalu pilih Finish editing This Level.
  12. Tambahkan bayangan pada objek bola dengan Drop Shadow Tool pada Tool Box. Atur posisi bayangan pada Property bar (lihat gambar) kemudian atur juga nilai transparancy dan blur dari bayangan (juga di property bar)

  13. Selesai dech...nie hasil akhirnya.
 Selamat berkreasi buat temen-temen yang suka dengan Design Grafis =))

Sumber : http://noengkomputer.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More