Pages

Wednesday 21 December 2011

Program C++ Mengurutkan 3 Bilangan Dengan IF

Berikut ini adalah program C++ untuk mengurutkan (menampilkan urutan) 3 bilangan dengan menggunakan pernyataan IF. Sebelumnya coba kita perhatikan dulu soal yang diberikan yaitu :

Dengan menggunakan pernyataan IF, buatlah program untuk mengurutkan 3 buah bilangan yang diinputkan oleh user. Misalnya bilangan yang diinputkan oleh user, A = 5, B = 10, C = 7. Maka tampilan program adalah : 5 7 10.
Program :
01#include <conio.h>
02#include <iostream.h>
03 
04void main()
05{
06   int a, b, c, x;
07   cout<<"Masukkan a : ";
08   cin>>a;
09   cout<<"Masukkan b : ";
10   cin>>b;
11   cout<<"Masukkan c : ";
12   cin>>c;
13   if(b < a)
14   {
15      x = b;
16      b = a;
17      a = x;
18   }
19   if(c < a)
20   {
21      x = c;
22      c = a;
23      a = x;
24   }
25   if(c < b)
26   {
27      x = b;
28      b = c;
29      c = x;
30   }
31   cout<<"Bilangan setelah diurutkan : "<<a<<" "<<b<<" "<<c;
32   getch();
33}
Analisa dan Penjelasan Program :
Sesuai dengan soal bahwa ada 3 bilangan yang diinputkan oleh user secara acak, maka kita harus membuat 3 buah variabel untuk menyimpan nilai bilangan tersebut. Disini dimisalkan variabel tersebut adalah a, b dan c. User kemudian menginputkan 3 buah bilangan.
Untuk menampilkan bilangan secara terurut maka kita harus melakukan proses pengurutan. Proses pengurutan (sorting) sebenarnya beberapa macam teknik / metode, tapi kali ini kita akan menggunakan cara paling sederhana yaitu dengan membandingkan 3 bilangan tersebut.
Langkah pertama adalah mencari bilangan terkecil diantara 3 bilangan tersebut yaitu membandingkan a dengan b, jika ternyata b lebih kecil maka isi a dan b akan kita tukar. Dengan begitu kita sudah memastikan hasilnya adalah a lebih kecil dari b. Selanjutnya adalah membandingkan a dengan c, jika c ternyata lebih kecil maka kita tukar antara a dan c. Sehingga a tetap berisi bilangan terkecil.
Sampai tahap kita sudah memastikan a berisi bilangan terkecil dibandingkan b dan c. Sehingga tahap kedua kita tinggal membandingkan antara b dan c. Jika ternyata c lebih kecil maka b dan c akan kita tukar sehingga hasilnya b lebih kecil dari c. Dengan demikian, hasil akhir isi variabel a, b dan c sudah terurut.
Demikianlah program C++ untuk mengurutkan 3 buah bilangan dengan menggunakan pernyataan IF. Program C++ merupakan salah satu cara (algoritma) saja, jika anda memiliki cara atau algoritma yang lebih sederhana silahkan digunakan.
sumber

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More